Wednesday, September 26, 2012

Jetting Karbu agar pas sesuai karakter agan

Cara jetting/setting di karbu

a. untuk mencari setelan angin di karbu:
panasin motor sampe suhu kerja
standar tengah, starter motor, biarkan langsam
tahan gas antara 1/8 ampe 1/4 puteran gas, biarkan konstan, jangan dimainin gas.na...
di karbu kan ada 2 baut tuh, yang sebelah kiri untuk setelan angin dan yang sebelah kanan untuk setelan langsam... lu puter baut yang di kiri ampe mentok searah jarum jam... terus lu buka bautnya berlawanan arah jarum jam sampe dirasa ketemu putaran mesin tertinggi... itu untuk mencari setelan yang cenderung kering, mirip" cara setel angin di AHASS / BeRes..
kalo dirasa terlalu kering, elu coba tutup baut putaran anginnya antara 1/4 sampe 3/4 puteran dan cari kira" dimana setelan yang pas, kedengeran kok dari suara kenalpotnya dan karakter putaran mesinnya...

b. untuk mencari setelan langsam:
idealnya dilakukan setelah nyari setelan angin...
saran dari gw: nyalakan headlamp terlebih dulu...
puter baut setelan bensin (baut sebelah kanan di karbu) antara 1/4 ampe 1/2 puteran searah jarum jam, ntar puteran mesin akan naik
setelah dicapai putaran meisn yang konstan, putar baut langsam berlawanan arah jarum jam perlahan aja, cari puteran mesin yang dirasa pas, lampu nyala berirama dan beraturan, suara knalpot juga iramanya pas, getaran mesin ga terlalu besar dan suara langsam dinilai ga terlalu tinggi dan ga terlalu rendah

c. untuk mencari PJ yang tepat:
sama kayak 2 step diatas, mesin harus dalam suhu kerja..
caranya relatif sama, dengerin suara mesin n knalpot
tahan gas antara 1/8 ampe 1/4 putaran gas, lalu dengerin suara mesin dan knalpotnya
kalo dirasa ada suara brebet seperti kekurangan bensin, ditandai dengan adanya nembak nembak kecil dan irama mesinnya ga beraturan, itu tandanya PJ ente kurang gede...
kalo dirasa suara mesinnya belebeg blebeg seperti kebanyakan bensin, ditandai dengan putaran mesin susah naik dan suara knalpot cuma gede aja tapi ngempos tenaganya, uda pasti kegedean PJ...
PJ yang pas, ga belebek, dan gak berebet
sorry bahasa Sunda gw keluar, ga ngerti istilah permesinannya 

d. untuk mencari MJ yang tepat:
geber mesin sampe RPM tinggi, ampe rada meraung mesinnya
jika di putaran tinggi waktu gas diputer mendadak ada terasa tahanan dari putaran mesin dan ada gejala berebet dan nembak seperti kekeringan bensin, dipastikan motor kekecilan MJ
jika di puteran atas waktu gas diputer mendadak RPM terasa lambat untuk naik dan suara kenalpot terdengar sangat basah, cuma gede doang tapi RPM ga naik naik, dipastikan MJ terlalu besar...

patokan aja dari pengalaman megang bebek AHM, PJ maksimal naik 3 step, dan MJ maksimal naik 3 step.
contoh, di Revo Absolute yang ane pake:
PJ standar ukuran 35, naik 1 step ukuran 38, 2 step ukuran 40, 3 step ukuran 42
MJ standar ukuran 88, naik 1 step ukuran 90, naik 2 step ukuran 92, naik 3 step ukuran 95
lebih dari itu, gw sarankan buat ganti karbu deh...
soalnya berdasarkan sharing di beberapa thread tentang karburator, kalo PJ dan MJ uda naik ampe 4 step / 10 angka, pengabutannya uda gak optimal dan disarankan buat ganti karburator sekalian...

secara teoritis, emang naek PJ dan MJ = nambah suplai bensin
tapi berdasarkan beberapa pengalaman gue, biarpun uda naik PJ MJ asalkan setelan klep dan karburator tepat, konsumsi BBM masi mirip" standaran, tapi power dan torsinya ada perbedaan

33 comments :

  1. Gak ngerti tuh PJ dan MJ mungkin pemale sama male ya gan.tolong jelasin sekalian gan maklum newbi nih..

    ReplyDelete
  2. Gan klo pj 20 mj 105 berapa naik 1 step nya gan

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya nih,mtor ane susah langsam dan busi berwarna hitam... pj sma mj brpa yang pas untuk scorpio ane gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mainin dlu setingan angin dan langsam nya, klo blm berhasil juga yaaa turunin 1 step PJ/MJ nya dari PJ/MJ std nya :D

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Gan kalo mp 2003 pj mj standart 38/110

    Trus skrg ane pake knalpot racing. Harus gede in pj/mj brp?
    Trus naikin jarum skep juga?

    Soalnya ane rasa semenjak ganti knalpot racing tarikan awal nambah, tapi 90 ke 110kpj nya jadi berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja naikin MJ nya klo gitu, 90kpj-100kpj itu udh RPM atas soalnya, PJ nya ga usah.
      sama coba stel klep nya, alias stel kerenggangan klep nya, ntah itu in/ex nya sama sama lebih rapet, ato lebih longgar, ato rapet/longgar, dan longgar/rapet

      Delete
  6. sob kalo rx king ku bawahnya gak dapet alias ngembos ki, , solusinya pj n mj nya berapa,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang gmn nih? kurang ngisi power bawahnya?
      coba naekin PJ nya aja dlu, cari tau PJ nya itu brp bawaannya, trs naekin 1 step aja dlu, lanjut itu atur lagi angin dkk nya

      Delete
  7. bos motorku beat karbu bor up 125cc
    karbu standar.. pj mj naikin brp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh itu agak susah ngitung nya sih, coba aja naikin 2 step dr ukuran standar nya

      Delete
  8. Bang motor gue tiger 2000 over size 0,50 sama ganti kenalpot bobokan pipa dan karbunya standart. Berati kalo naikin pj sama mjnya berapa yaa optimalnyaa? Soalnya motor kaya kekurangan bensin digasss dikit mau matii motornyaaaa info bang tolongg banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lamsam sih lamsam bang motornyaa tapi gitu digass dikit mau mati

      Delete
  9. Infoin bang yaaaaa tolong banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari ukuran PJ / MJ standar nya karbu tiger, naikin 1 step dari std nya, dan jetting (stel karbu) ulang dan klep mungkin biar lebih pas.
      klo masih gejala sama, naikin lg 1 step, maks 3 step dari standar

      Delete
  10. Gan,.
    Motor ane revo abs, udah boreup 120, pj mj ukuran brapay, kira2 gunain pj mj motor apy, sialnya susahni cari yg naikin 1 atau 2 step d daerah ane, bisa gunain motor apay pj n mj nya?
    Soalnya ngempos d putaran atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg aftermarket ga ada banget gan? kek kitaco(KTC) ato daytona gitu. bilang aja ukurannya pj/mj 40/90
      soal persamaan motor paling persamaannya sih paling supra ato satria 2tak. klo udah dapet barangnya dan udah dipasang, jetting ulang itu karbu. ato pun ga dapet barangnya, jetting ulang aja dengan pj/mj yg ada ampe settingan yg diinginkan.
      masih kurang? ganti koilnya coba dengan yg aftermarketan

      Delete
  11. selamat malem bang.. motor ane satria f standart,knalpot bobokan, karbu rx king ORi Baru ukuran Pj 22,5 Mj 150.. klo gas di bejek di rpm bawah berasa berat kaya blebek kaya kegedean PJ yang abang bilang tp di rpm atasnya enak.. klo lagi di lampu merah Rpm suka turun sndri trus mesin mati.. ane cek busi warnanya putih di keramiknya, tp di pinggirannya warna item.. minta solusinya bang.. terimakasih..

    ReplyDelete
  12. Bos
    Beat aku pe24
    Pj 102 mj 35
    Knalpot tsukigi
    Itu pas atau engga?
    Soalnya kalo gas turun knalpot nembak kadang juga di sertai api biru
    Mohon infonya bos
    Yg pas gimna?
    Tmksh

    ReplyDelete
  13. Bos
    Beat aku pe24
    Pj 102 mj 35
    Knalpot tsukigi
    Itu pas atau engga?
    Soalnya kalo gas turun knalpot nembak kadang juga di sertai api biru
    Mohon infonya bos
    Yg pas gimna?
    Tmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kegedean tu bro pj nya?

      Delete
    2. Kebalik deh kaya nya..pj emang ada sampe 100 sekian...hehe..

      Delete
  14. Gan, GL Max 125cc pake karbu pe 28 pj mj 40/120 udah ideal belum? Aslinya 45/100

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kekeringan rpm bawahnya bro? atasnya jg terlalu gede sih, asli nya pe28 itu 45/100 kan?

      Delete
  15. Ada saran gan untuk ukuran pj mj yg sesuai? 45/100 itu ukuran standar karbu asli gl-max pd26, bukan karbu pe28

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo, ukuran pj/mj PE28 nya 40/120 ya? sekarang di rasain aja dlu kekurangannya apa gan, sama di setting ulang setelan udaranya.
      soale beda orang beda settingan juga

      Delete
  16. Gan mau nanya saya pake karbu pe 24 (kw keihin��) kalo pake knalpot standar sih enak aja cuman agak bau bensin trus saya coba beli dan pasang knalpot csr udh dikasih gasbul full sama diaumbat pake pipa plat besi gitu biar rada adem tapi tenaga putaran tengah sekitar 40 km tiba tiba brebet kaya ga mau naik lagi kira kira solusinya apa thq

    ReplyDelete
  17. Gan motor sy vespa 125 bore up 145cc pake seher gl pro 59. Karbu pake pe 28 ride it. Settingan skrg pake pj/mj 45/110 . Tapi berasa ngok. Tarikan bawahan berat terus kalo langsung di gas full motor mati. Kira kira pj/mj yg pas brp ya? Thanks

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kak motor aku mega pro, langkah 72, 260 an cc, dan saya memakai karbu pe 28, busi hitam pj:38 mj 100, minta saran buat cc segitu untuk karbu pe pj mj nya ukuran berapa

    ReplyDelete